Blog Archive

Sunday, December 7, 2008

Nissan X-Trail Diesel

Nissan X-Trail DieselNissan Luncurkan X-Trail Diesel, TOKYO, MINGGU - Nissan Motor Co. (NMC) akan memperkenalkan Nissan X-Trail 2.0 GT bermesin diesel pada 18 September 2008. Kehadiran kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) ini tak lain untuk mengikuiti kebijakan pemerintrah Jepang yang mulai Oktober 2009, di mana setiap kendaraan mempunyai emisi gas buang yang rendah.

Kompas.com sendiri sudah mengabarkannya Juni lalu. Kepada koran lokal, Kyodo, NMC menjelaskan bahwa harga X-Trail diesel ini lebih mahal sekitar Rp 37 juta dari X-trail bensin. Bahkan lebih irit 30% dari X-Trail bensin bermesin 2.500 cc. Lalu, tenaganya pun sama dengan mesin bensin 3.5 liter V6.


Mesin diesel di Jepang memang belum sepopuler bensin. Dengan kebijakan pemerintah Jepang, diesel yang di mata konsumen negeri matahari terbit itu sebagai kendaraan yang jorok (karena asap) dan berisik, image itu bisa dikuburkan. Dan X-Trail diesel ini merupakan yang pertama sejak 2002 yang mereka perkenalkan lewat kendaraan penumpang.

Target penjualan, NMC hanya mematok 100 unit perbulannya dan sangat hati-hati, tak ingin sebanyak atau mendekati mesin bensin yang mencapai 2.000 unit. Bahkan dari pengalaman di mobil penumpang solar, hanya terjual 0,1% dan itu pun hanya di slah satu pulau saja.


SBT
Sumber : AP
Souce of motor information tip and trick : Kompas.com