Blog Archive

Tuesday, December 30, 2008

1955 Moto Guzzi V8,… one of the greatest motorcyclez …!!!



Yup… motor lansiran Moto Guzzi di tahun 1955 ini memang termasuk … kedalam jajaran top ten the greatest motorcyclez … !!! Di tanya kenapa… ??? Yaagh… karena pada zamannya sudah menggunakan engine V8.. !!! Berapa top speed yang bisa diraih… ??? Jangan heran.. jika top speed yang bisa diraih Moto Guzzi V8 ini.. sebesar 286 km/h… !!!




Engine nya mempunyai kapasitas 499cc, 4 stroke, 8 cylinder, DOHC, dan liquid cooled…!!! Power yang dihasilkan mencapai 78HP pada 12000RPM… !!! Whaat… ??? 12000 RPM … ??? Yup… engine nya bisa digeber sampai 12000 RPM… dan tahun segitu… udaagh top banget daaagh… !!! Engine nya .. yang ngerancang Dr. Giulio Carcano … dan kehadiran Moto Guzzi V8 ini.. bikin ketar-ketir motor pada zamannya… seperti Gilera, MV Agusta etc… !!!




Carburator Dell’orto 20mm… dipesan khusus untuk engine V8 ini… !!! Pengembangan motor ini memang banyak masalah … !!! Tahun 1954, sewaktu ditest oleh Aussi Rider, Ken Kavanagh, crankshaft nya trouble… !!! Tahun 1956, sewaktu race juga ada masalah pada bearing.. !!! Bikez ini walaupun enginenya canggih… dan the fastest pada zamannya… hanya dilengkapi oleh rem drum … baik depan maupun belakang… !!!




Jadi secanggih apapun motornya… jika hanya pakai drum brake… akan sulit dikendarai… !!! Lha motor bebek sekarang aza.. udah pake disc brake… !!! Saking sulitnya dikendarai… sudah silih berganti rider yang cidera… !!! Baik Bill Lomas, Dickie Dale, Keith Campbell, Colnago.. semuanya pernah cidera yang cukup serius…  saat mengendarai motor ini… !!! Terutama sewaktu ngelibas tikungan… motor ini agak sulit dikendalikan… terlebih saat digeber 240 km/h… !!! Tahun 1957, setelah Monza race… nggak ada rider yang sanggup mengendarai motor ini… !!! Sejak saat itu… pengembangan Moto Guzzi V8… selesai alias tinggal menjadi sejarah… !!!

Appendix :


- Movie Clips Moto Guzzi V8